Bagaimana Menjadi Desainer Web dalam 4 Langkah

Bagaimana Menjadi Desainer Web dalam 4 Langkah

Karir dalam desain web membutuhkan kreativitas serta keterampilan teknis. Desainer web membutuhkan kecakapan teknis untuk membuat situs web fungsional, tetapi mereka juga membutuhkan keterampilan artistik dan kepekaan estetika untuk menciptakan pengalaman pengguna yang menyenangkan. Jika Anda kreatif dan teknis, Anda mungkin ingin mempertimbangkan bidang desain web. Dalam artikel ini, kami menjelaskan apa yang dilakukan desainer web, bagaimana menjadi satu, dan jawaban atas pertanyaan umum tentang peran ini.

Apa yang dilakukan seorang desainer web?

Seorang desainer web membangun, atau mendesain, semua elemen situs web. Mereka memilih dan membuat aspek visual situs web, seperti grafik, font, warna, dan tata letak. Mereka bertanggung jawab untuk membuat situs web menarik secara estetika serta fungsional dan ramah pengguna.

Desainer web membutuhkan kombinasi kreativitas, pemikiran kritis, dan keterampilan teknis untuk tampil baik dalam peran mereka. Mereka juga harus memiliki keterampilan manajemen bisnis untuk menarik dan mengelola klien jika mereka adalah pekerja lepas.

Gaji rata-rata desainer web

Desainer web dapat bekerja penuh waktu untuk bisnis atau agensi, tetapi seringkali pekerja lepas yang bekerja untuk banyak klien sekaligus. Gaji rata-rata untuk desainer web di AS adalah $22.27 per jam .

Bagaimana menjadi seorang desainer web

Bagaimana menjadi seorang desainer web

Jika Anda tertarik untuk mengejar karir sebagai desainer web, coba ikuti langkah-langkah berikut:

1. Kembangkan keterampilan yang diperlukan

Untuk menjadi seorang desainer web, Anda harus mahir dalam aspek teknis membangun situs web. Meskipun Anda dapat memperoleh gelar sarjana untuk mengejar desain web—seperti gelar associate atau sarjana dalam pemrograman komputer atau desain grafis—banyak desainer web belajar secara otodidak. Ada kursus khusus mata pelajaran yang tersedia online yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan keterampilan Anda. Keterampilan yang paling diperlukan untuk menjadi seorang desainer web meliputi:

Perangkat lunak grafis

Desainer web menggunakan berbagai program—seperti Photoshop—untuk memfasilitasi pembuatan grafik untuk situs web. Menjadi akrab dengan program-program ini melalui penelitian, praktek atau kelas.

Bahasa pemrograman

Sebagian besar desainer web membutuhkan setidaknya beberapa pengetahuan tentang bahasa pemrograman dasar, seperti HTML, CSS, PHP, jQuery, JavaScript, dan Flash. Pekerja lepas membutuhkan lebih banyak pengetahuan pengkodean, sementara desainer web yang bekerja dengan agensi kemungkinan akan bekerja dalam tim yang mencakup programmer dan desainer grafis.

Optimisasi Mesin Pencari

Memahami teknik SEO akan membantu seorang web designer membuat situs yang tampil menonjol ketika pengguna mencari kata kunci atau topik tertentu.

Teori desain web

Ada prinsip dasar tertentu untuk membuat situs web yang luar biasa, seperti struktur, pengalaman pengguna, dan teori warna. Jika Anda tidak kuliah, Anda masih dapat mempelajari teori ini sendiri dengan membaca buku tentang subjek tersebut atau melakukan riset online.

Kemampuan berkomunikasi

Desainer web membutuhkan keterampilan komunikasi yang baik untuk memahami kebutuhan dan keinginan klien, menerapkan keinginan klien dengan benar, dan menyarankan ide mereka sendiri untuk sebuah situs.

2. Dapatkan sertifikasi

Memperoleh sertifikasi di bidang tertentu dapat membantu Anda mempelajari keterampilan, meningkatkan resume Anda, mengenakan tarif yang lebih tinggi, dan membuktikan pengetahuan Anda kepada klien potensial. Beberapa sertifikasi umum yang diperoleh desainer web meliputi:

Pakar Bersertifikat Adobe

Banyak alat yang digunakan oleh desainer dibuat oleh Adobe, jadi ini adalah sertifikasi yang disegani. Anda bisa menjadi ACE di berbagai program. Setiap sertifikasi membutuhkan kursus dan ujian.

Bootcamp Majelis Umum

Majelis Umum menawarkan berbagai kursus Bootcamp di berbagai bidang seperti pemasaran digital, pengembangan web, pengembangan aplikasi seluler, pengalaman pengguna, dan JavaScript. Setiap kursus diajarkan oleh para profesional industri dan ditawarkan secara online atau tatap muka.

Pakar Web Seluler Google

Sertifikasi dari Google ini menunjukkan keterampilan pengembangan web Anda untuk aplikasi seluler. Ujian mencakup topik-topik seperti aksesibilitas, pengoptimalan kinerja, formulir web seluler, dan aplikasi web progresif. Google menyediakan panduan belajar gratis untuk membantu Anda mempersiapkan diri menghadapi ujian, yang dapat Anda coba tiga kali.

3. Buat situs web

Bila Anda memiliki keterampilan yang diperlukan, buat situs web Anda sendiri. Situs ini harus menunjukkan keahlian Anda kepada klien potensial dan menjadi halaman utama profesional Anda di mana klien yang tertarik dapat menemukan kemampuan, ketersediaan, dan tarif Anda.

Perbarui situs web Anda secara teratur untuk memperkenalkan diri Anda secara akurat , menunjukkan pengetahuan Anda tentang tren, dan menjelaskan pengalaman desainer web Anda.

4. Cari pekerjaan

Mulailah karir desain web Anda dengan melakukan pekerjaan desain web untuk ditambahkan ke situs dan portofolio Anda dan dapatkan pengalaman sehingga Anda bisa mendapatkan lebih banyak klien. Anda dapat mencari daftar pekerjaan online jika Anda ingin bekerja untuk agensi atau menggunakan platform lepas untuk menawar peluang.