Sejarah Perkembangan Web Design Dari Jadul hingga Sekarang

Sejarah Perkembangan Web Design

Ketika kami pertama kali diperkenalkan ke internet, departemen TI membangun dan mengelola sebagian besar situs web karena kerumitan pemrogramannya. Saat ini, desain situs web telah menjadi industri tersendiri.

Desain web yang hebat telah membuat beberapa bisnis tumbuh dan berkembang sementara kehadiran web yang buruk membuat yang lain gagal. Situs web Anda lebih dari sekadar alat validasi.

Desain web saat ini membutuhkan lebih dari sekadar penempatan gambar yang bagus. Desainer harus mempertimbangkan kecepatan memuat, penempatan konten, dan pengoptimalan SEO, belum lagi desainer sekarang harus mempertimbangkan bagaimana tampilan situs web di banyak layar.

Bagi banyak calon pelanggan Anda, ini adalah pintu depan digital Anda. Mari kita melakukan perjalanan selama 20+ tahun terakhir dan melihat beberapa desain situs web paling berpengaruh dan bagaimana pengaruhnya terhadap seluruh industri.

Sejarah Perkembangan Web Design

1991 – Awal…
Selamat datang di web di seluruh dunia. CERN, situs web pertama, diluncurkan pada November 1992. Web diumumkan kepada publik (melalui posting ke grup berita Usenet alt.hypertext) pada 6 Agustus 1991. Situs web pertama 100% berbasis teks. Hypertext biru default adalah satu-satunya percikan warna. Pada hari-hari awal web, hanya mendapatkan satu halaman saja sudah mengasyikkan.

1993 – Kelahiran Landing Page
MTV Meluncurkan situs webnya pada tahun 1993. VJ Adam Curry menjalankan situs tersebut secara tidak resmi dan pribadi pada awalnya. MTV adalah pengadopsi awal halaman arahan. Ini adalah gambar yang Anda lihat ketika Anda membuka situs mereka pada tahun 1993. Perbedaan besar dari beberapa tahun sebelumnya. Bisakah Anda bayangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memuat ini? Menurut sebuah studi oleh peneliti MIT Matthew Gray, pada akhir tahun 1993, ada 623 situs web. Internet lepas landas dan begitu juga desain.

1998 – Raja Pencarian Masa Depan
Internet pada tahun 1998 mulai terlihat sedikit lebih seperti internet yang kita lihat sekarang. Google Beta diluncurkan pada 4 September 1998. Bandingkan desain ini dengan mesin pencari ALIWEB sebelumnya. Alih-alih memilih halaman yang dipenuhi tautan, Google memilih rute minimalis. Saya pikir kita semua bisa setuju itu bekerja dengan baik untuk mereka.

2003 – Mari Membuat Blog Tentang Ini
Hingga tahun 2000, desain situs web lebih merupakan bidang teknis yang ditangani oleh departemen TI perusahaan. Pada tahun 2003 itu semua berubah. WordPress , yang sekarang menjadi sistem manajemen konten (CMS) terkemuka di dunia, diluncurkan pada tahun 2003. WordPress diperkirakan telah diinstal pada sekitar 2.000 blog pada Mei 2003. Pada Januari 2015, lebih dari 23,3% dari 10 juta teratas situs web sekarang menggunakan WordPress. WordPress gratis dan CMS berbasis PHP dan MySQL. Fitur termasuk arsitektur plugin dan sistem template.

2007 – Revolusi Seluler
Pada tanggal 29 Juni 2007, iPhone pertama dirilis mengantarkan era baru desain web. Sementara pengguna telah menjelajahi web pada browser yang sangat dasar sebelum penemuan ponsel pintar, sebagian besar merasa frustasi dan tidak perlu. Meskipun Apple tidak menciptakan SmartPhone, mereka menjadikannya arus utama. Apple selalu dikenal dengan produk dan desainnya. Pada tahun 2007, mereka memamerkan merek mereka secara online dengan desain yang cerdas dan sederhana ini.

2014 – Bangkitnya Inbound
Dengan pertumbuhan ekonomi online, bisnis mencari lebih banyak cara untuk berinteraksi dan terhubung dengan prospek. Iklan online dan pop-up telah membuat pengguna frustrasi selama bertahun-tahun dan sekarang ada lebih banyak cara untuk memblokir gangguan ini. Alih-alih memasarkan pada prospek, pemasar yang cerdas memutuskan untuk mencoba pendekatan baru. Dengan menawarkan saran dan menarik prospek dengan situs web mereka, pemasar sekarang dapat memelihara prospek menjadi pelanggan. Inbound lahir, untuk info lebih lanjut kunjungi halaman ini.

Perangkat lunak Hubspot telah membantu ribuan perusahaan di seluruh dunia. Sumber utama nomor satu mereka? Situs web mereka. Desain interaktif dan CTA di atas flip telah diuji dan terbukti. Banyak situs pemasaran saat ini melihat ke Hubspotuntuk ide desain. Banyak lagi yang telah pindah ke platform COS mereka. Desain ini menunjukkan langkah menuju penggunaan satu halaman penuh dan bagaimana teks merupakan bagian penting dari desain.

2020 – Pembuat Situs Web
Selama pandemi, ada lonjakan signifikan dalam pencarian global untuk istilah “membangun situs web”. Misalnya, di negara-negara Afrika, kueri, ‘cara membangun situs web bisnis’ mengalami peningkatan 110%.

Baca juga Berapa Banyak Anda Harus Menagih untuk Layanan Desain?.

Bisnis di seluruh dunia mencari untuk mengetahui cara meningkatkan dan memperbarui situs web mereka yang sudah ada atau membangun yang baru untuk mempertahankan pelanggan dan menarik pelanggan baru karena sebagian besar dunia bergeser secara online.