Elemen Krusial untuk Setiap Desain Situs Web

Elemen Krusial untuk Setiap Desain Situs Web

Meskipun setiap desainer mungkin memiliki rencana yang berbeda dalam hal membangun situs web, mereka memiliki daftar periksa yang sama. Tidak peduli bagaimana Anda mencoba menghindarinya, ada beberapa elemen yang harus (dan biasanya begitu!) Dimasukkan oleh setiap situs web.

Dari banyak ruang kosong dan gambar yang bagus, hingga fungsi penelusuran dan ajakan bertindak yang jelas, elemen umum ini adalah hal-hal yang diharapkan pengguna saat menggunakan situs dengan mudah. Hari ini kita melihat sepuluh elemen yang harus Anda prioritaskan di situs web Anda, masing-masing contoh yang dirancang dengan sempurna, dan kiat tentang cara menggunakannya dalam proyek desain situs web Anda berikutnya. Seperti kata pepatah, “iblis ada dalam detailnya.”

1. Ruang

Ruang adalah salah satu alat desain terpenting karena ia menentukan segalanya — mulai dari aliran, hingga keterbacaan. Desainer mulai menggunakan ruang dengan cara yang tidak kita lihat di web satu dekade lalu. Lebih banyak desain situs mencakup ruang yang luas, peningkatan jarak antar baris teks, dan penggunaan ruang terbuka secara keseluruhan.

Hubungan spasial kunci mencakup konsistensi dalam spasi. Elemen serupa harus mencakup spasi yang serupa. Jumlah spasi di antara baris dalam paragraf harus sama, begitu juga dengan jumlah pembungkus gambar.

Ruang juga penting untuk membuat titik fokus bagi pengguna. Gambar atau potongan teks yang dikelilingi oleh ruang putih akan tampak lebih besar dan lebih penting daripada gambar yang dijejalkan ke dalam lokasi yang lebih kecil atau lebih rapat dalam desain.

Penting juga untuk diperhatikan bahwa ruang tidak selalu putih. Ini mengacu pada kurangnya elemen, dan bisa juga menjadi warna latar belakang atau tekstur.

Cara Menggunakannya: Mulailah dengan elemen-elemen kunci seperti menu navigasi, misalnya. Pastikan elemen diatur dengan cara yang mencakup pengaturan jarak antar elemen. Ini akan membuat setiap tombol atau kata menonjol dengan sendirinya.

2. Navigasi Sederhana

Navigasi tidak perlu rumit. Ini harus mudah diidentifikasi dan mudah digunakan. Penting juga untuk meminimalkan menu navigasi agar Anda tidak membebani pengguna. Bergantung pada jenis situs, lima hingga sepuluh item navigasi menu adalah ujung atas dari apa yang harus Anda tuju.

Navigasi juga mencakup alat yang membantu pengguna menavigasi situs. Situs dengan parallax scrolling, misalnya, sering kali menyertakan panah arah untuk membuat situs lebih ramah pengguna. Semakin mudah orang menggunakan dan bernavigasi di seluruh situs Anda, semakin lama kemungkinan mereka berinteraksi dengannya.

Contoh di atas menunjukkan dua jenis navigasi yang sangat berbeda: Zola’s, yang menyertakan menu sederhana dan navigasi kemajuan dengan teks yang dapat diklik sebagai tombol dan Anet Design, yang menampilkan gaya tombol yang lebih funky dan lebih kreatif. Kesamaan yang dimiliki kedua situs adalah navigasi utama tidak pernah bergerak atau berubah, menciptakan konsistensi dan aliran di setiap situs.

How To Use It: Gunakan navigasi sederhana sebagai kerangka kerja untuk membangun situs web Anda. Ingat pengguna menginginkan beberapa hal utama dari navigasi: pengetahuan tentang lokasi mereka di situs, cara untuk kembali (atau beranda), dan petunjuk arah (jika situs Anda memiliki antarmuka yang tidak biasa atau lebih rumit).

3. Tentang Kami

Sangat penting bagi bisnis kecil atau pemilik situs untuk memberi tahu pengguna siapa mereka. (Ini kurang penting untuk perusahaan besar yang memiliki nama rumah tangga, meskipun masih merupakan praktik yang umum.)

Halaman “Tentang Kami” harus memberi tahu pengguna siapa Anda dan apa yang Anda lakukan. Itu dapat menguraikan filosofi atau tujuan perusahaan atau bagaimana situs itu muncul. Halaman ini juga bisa menjadi tempat testimoni pelanggan atau pengguna, dan kisah sukses. Jenis halaman ini juga dapat berfungsi sebagai gateway ke halaman terkait atau bahkan profil media sosial.

Elemen Web Design

Satu masalah yang sering terjadi dengan halaman Tentang Kami adalah halamannya menjadi panjang dan bertele-tele. Jaga agar halaman tetap sederhana; berikan informasi yang cukup kepada pengguna agar tertarik tetapi tidak bosan. Dan ingatlah untuk menjaga desainnya tetap menarik.

Cara Menggunakannya: Gunakan halaman Tentang Kami untuk memberikan sedikit kepribadian pada merek Anda. Pertimbangkan untuk menyertakan foto tim Anda dan biografi singkat perusahaan.

4. Informasi Kontak

Informasi kontak biasanya muncul dalam salah satu dari dua cara – di header / navigasi utama, atau sebagai halaman Hubungi Kami dengan formulir atau informasi yang diperluas. Salah satu opsi dapat berfungsi dengan baik, bergantung pada desain situs Anda.

Kuncinya adalah membuatnya sangat terlihat. Memiliki informasi kontak seperti nomor telepon, alamat fisik, atau formulir untuk menghubungi pemilik situs web menambah keabsahan situs dan bisnis Anda. Pengguna yang ingin menemukan Anda dan informasinya tidak tercantum dengan jelas di situs dapat membuat frustasi.

Cara Menggunakannya: Tambahkan informasi kontak ke semua header dan / atau footer statis. Jika Anda memiliki alamat bisnis fisik, sertakan informasi lokasi. Pertimbangkan formulir kontak sehingga pengguna dapat mengirim email langsung dari situs web.

5. Ajakan Bertindak (atau Daftar)

Dalam kebanyakan kasus, situs web adalah pintu gerbang ke suatu tindakan – melakukan penjualan, memberikan informasi, mengumpulkan informasi kontak. Untuk memastikan tindakan ini, permintaan ajakan bertindak harus jelas dan kuat.

Pertama, tentukan apa yang seharusnya dilakukan situs Anda. Kemudian rancang sehingga tindakan menjadi jelas dan mengarahkan pengguna ke sana. Teknik seperti warna, kontras, dan ruang dapat membantu mengarahkan pengguna ke tombol “kanan”. Connect Mania, misalnya, ingin pengguna mengunduh aplikasi. Satu-satunya ruang yang dapat diklik tentang gulir di halaman landing membawa Anda ke App Store.

Ajakan bertindak populer lainnya adalah formulir pendaftaran. Jika ini adalah tujuan Anda, letakkan formulir di lokasi utama dan ukur dengan jelas. Buat formulirnya sederhana dan cepat diisi. (Jika Anda membutuhkan lebih dari dua atau tiga bagian informasi, pertimbangkan email tindak lanjut daripada formulir pendaftaran yang rumit.)

Cara Menggunakannya: Buat ajakan bertindak menjadi jelas. Penempatan harus di bagian halaman yang terlihat jelas dan di sebelah item yang terkait dengannya. Tombol harus berwarna kontras dan mengatakan dengan tepat apa yang harus Anda lakukan: Beli Sekarang, Gabung, Unduh, Daftar Gratis.